Hutan Pinus Imogiri, Jogja

Kalau orang jakarta dan sekitarnya ingin mencari hutan pinus untuk foto-foto, pasti Gunung Pancar, Sentul menjadi pilihan. Tapi di Yogyakarta memiliki segudang wisata alam termasuk Hutan Pinus Imogiri.

Hutan Pinus Imogiri adalah objek wisata yang sudah populer terutama di Instagram sejak beberapa tahun lalu yang berlokasi di kawasan Mangunan, Dligo, Yogyakarta. Jika di bandingkan dengan hutan pinus di Sentul, Bogor atau Bukit Moko, Bandung, Menurut saya pribadi hutan pinus ini adalah yang terbaik yang pernah saya kunjungi, mungkin bagi kebanyakan orang berfikir “ya namanya hutan pinus begitu-begitu aja”, tapi bagi saya Hutan Pinus Imogiri memiliki jarak antar pohon yang lebih padat, sehingga pohonnya terlihat banyak dan lebat.


Akses Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri

Untuk menuju lokasinya, saya mempercayakan kepada google maps, sudah saya buktikan lokasinya akurat dan memang mudah mencarinya karena tempat ini termasuk objek wisata lama sehingga sudah banyak petunjuk arahnya, tapi jika mungkin sedang dalam keadaan emergency tidak ada sinyal untuk google maps, kalian bisa melalui rute :

Yogyakarta – Jl. Imogiri Timur – Imogiri – pertigaan Imogiri ambil kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri – pertigaan ke kanan, ambil arah Mangunan – pertigaan Mangunan ke kiri, ambil arah hutan pinus – hutan pinus

Spot foto paling bagus disini

yang menjadi keuntungan kita ke tempat ini adalah lokasinya berdekatan dengan wisata lainnya seperti Kebun Buah Mangunan dan Bukit Panguk Kediwung. Sehingga kita bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.


Waktu Terbaik Mengunjungi Hutan Pinus Imogiri

Dari segi fotorafi, tempat ini sangat bagus di kunjungi pagi hari ketika hutan ini masih diselimuti kabut dan matahari mulai menyinari rongga-rongga pepohonan. jika memungkinkan, datanglah saat weekdays karena pengunjungnya lebih sedikit.

Kalau datang pagi, bisa dapet lens flare alami

Ketika hutan pinusnya masih berkabut


Tips Mengunjungi Hutan Pinus Imogiri

Jika kalian ke tempat ini setelah hujan, harap berhati-hati karena tanah yang licin dan agak berlumpur. Dan di sarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat, itupun juga harus di kendarai oleh orang yang mahir karena akses jalanan bebatuan dan tanjakan.

Untuk tips foto, sangat saya sarankan untuk menggunakan baju berwarna cerah seperti merah, ungu, atau kuning, karena akan membuat foto kalian lebih menonjol.


Harga Tiket Masuk :

  1. Sepeda Motor : Rp 3.000
  2. Mobil : Rp 10.000
  3. Bus : Rp 20.000
  4. Pre-Wedding : Rp 50.000
  5. Sewa Hammock : Rp 10.000


Jam Operasional Hutan Pinus Mangunan

Jam operasional atau jam buka hutan pinus mangunan dibuka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 06.00-17.30 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s