Influencer Meet Up Bali 2 #IndonesiaBangga

Kali ini gue merasa beruntung banget loh bisa ikutan acara Influencer Meet Up Bali 2 yang diadakan oleh pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau yang biasa disebut KOMINFO. Tapi eh tapi, acara yang judulnya “Influencer Meet Up” ini bukan cuma sekedar HAHA-HIHI sesama Influencer doang loh! Tujuan utamanya yaitu dalam rangka meramaikan dan menyambut acara IMF – WBG 2018 yang akan diselenggarakan di pulau Dewata, Bali pada bulan Oktober mendatang. Pasti pada belum tau ya apa itu acara IMF – WBG 2018?


IMF – WBG 2018

International Monetary Fund – World Bank Group atau yang biasa disebut IMF – WBG adalah acara pertemuan tahunan antara Dewan Gubernur World Bank dan IMF untuk mendiskusikan isu-isu global seperti tentang keuangan global, kemiskinan, pembangunan, lapangan kerja, perubahan iklim, dll.

Kalian bisa bayangin ya… total peserta yang diperkirakan akan datang bisa mencapai 15.000 yang terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara!!! udah bisa dibayangin dong hebohnya bakal kaya gimana? belum lagi bakal ada investor, observers, para staf IMF – WBG, press / media, dll. Mangkanya hal ini bisa menjadi batu loncatan Indonesia untuk mempromosikan sebagai negara dengan ekonomi yang reformed, resilient, progressive.

DSCF5437

Acara yang akan berlangsung pada 12-14 Oktober 2018 yang berlokasi di kawasan Nusa Dua, Bali. Secara tidak langsung pergerakan ekonomi terutama di sektor pariwisata akan meningkat pesat saat acara berlangsung. Kalau kalian harus bayangin lagi nih, para petinggi negara ini datengnya gak mungkin sendiri, terus nginepnya di hotel-hotel berbintang semua, dan kalau mereka mau jalan-jalan pastinya akan keluar budget yang tidaklah murah, ujung-ujungnya semua akan kembali lagi ke devisa negara khususnya di Bali. Wow banget kan pokoknya???

Nah! sekian dulu ngebahas tentang IMF – WBG 2018 nya, kita lanjut ngebahas tentang acara Influencer Meet Up Bali 2 yang acaranya seru abizzzz! hehehehe

DSCF5433

DSCF5454


 

[HARI PERTAMA]

unnamed

 

[BALI NUSA DUA CONVENTION CENTER (BNDCC)]

Keseruan acara Influencer Meet Up Bali 2 ini kita mulai dengan berangkat dari hotel kami menuju lokasi Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang nantinya lokasi ini akan dijadikan lokasi utama acara IMF – WBG 2018. Setelah sampai di lokasi, kita langsung menuju ruangan dimana kita akan mendengarkan pembicara kece dari berbagai sumber ;

  • Dimulai dari Ibu Iss Savitri Hafid dari Bank Indonesia yang membahas tentang ‘apa sih acara IMF itu?’ Karena acara ini masih terasa agak awam kan? bahkan aku juga akhirnya baru tau loh kalau acara IMF itu penting banget terutama untuk negara kita sendiri! hehehehe
  • Pembicara kedua adalah bapak Rohandi yang membahas tentang kesiapan bandara udara I Gusti Ngurah Rai yang akan menyambut 15.000 orang delegasi dari berbagai negara di seluruh dunia!
  • Pembicara ketiga ada bapak Letkol. Mar Achmad Effendi yang juga membahas kesiapan serta keamanan terutama di area bandara & BNDCC
  • Setelah sesi talkshow 1 selesai, dilanjutkan dengan sesi selanjutnya yang diisi oleh Prabu Revolusi yang membahas tentang Kopi Indonesia yang ternyata kopi produksi Indonesia ini menjadi menyumbang terbesar nomor 4 di dunia loh!!!
  • Lalu ada juga Medina Kamil yang bercerita tentang pengalaman travelingnya keliling Indonesia hingga ke daerah pelosok, pokoknya semua cerita doi keren dan inspiring banget bahwa alam di Indonesia ini kaya banget!
  • Ada Jonathan Bryan, doi disini membahas di sektor digital dan teknologi terutama negara kita sendiri termasuk dalam perkembangan digital yang cepet banget!
  • Last but not least ada Tasya Kamila, tapi eh tapiii doi disini bukan buat nyanyi loh hehehehe. disini ka Tasya cerita tentang pengalamannya sekolah di luar negeri dimana kita harus selalu bangga dan sampai kapanpun kita akan terus membawa nama Indonesia. So, give the foreigner a good impression about Indonesia yaaaa

Proses talkshow akhirnya selesai dan gue ngerasa dapet ilmu banyak banget sih! Terutama gue sangat takjub setelah dijelasin tentang acara IMF itu sendiri


[BALI PULINA COFFEE, UBUD]

Dari lokasi talkshow kita semua melanjutkan perjalanan menuju salah satu lokasi wisata di Ubud yang kece banget! kalau aku lihat di googlemaps perjalanan kita akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam, tapi ada pengalaman baru nih yang aku alami selama perjalanan menuju Ubud yang ternyata total waktu tempuh berubah jadi 1 jam-an aja! Kalian tau kenapa? Rombongan mobil kami di kawal oleh pak polisi yang akhirnya semua kemacetan langsung terasa lancarrrr…..

Jujur aja aku kurang tau dengan tempat wisata Bali Pulina Coffee ini, bahkan baru mendengar namanya kali ini, tapi bagi kalian yang pernah main ke Tegalalang, tempat ini deket banget dari situ, mungkin cuma beberapa ratus meter dari Tegalalang.

DSCF5564

Sampe juga akhirnya!!! Disini kita semua di pandu mulai dari melihat Luwak yang lucu-lucu, lalu ke proses pengeringan biji kopi yang sudah di proses luwak, sampai akhirnya kita nyobain berbagai varian kopi luwak yang unik banget!!! Mulai dari Bali Coffee, Vanilla Coffee, Pure Cocoa, Chocolate Coffee, Ginseng Coffee, Ginger Coffee, Ginger Tea, dan Lemon Tea. SEMUA NYA ENAK BANGET PARAH!!!

DSCF5570

Disini kalian gak cuma bisa menikmati kopi doang, tapi ada juga area spot foto yang kece banget, asik banget kan icip-icip kopi sambil nikmatin suasana alam disini….  Setelah semua rangkaian acara selesai terutama foto-foto (INI HAL YANG PALING PENTING LOHHH), akhirnya kita melakukan perjalanan kembali ke hotel diselingi dengan makan malam di Bale Udang, salah satu resto dengan menu tradisional yang enak banget parah terutama udang bakar madu-nya super duper enak!!! Aku sampai nambah berkali-kali hehehehehe. Beruntungnya juga saat kita sampai di restoran ini kita disambut dengan pemandangan sunset yang bagus banget!

DSCF5466

DSCF5518

DSCF5549

DSCF5591

DSCF5599

DSCF5581

DSCF5602

Sunset di Bale Udang

DSCF5605

Tasya Kamila and her Husband


[HARI KEDUA]

[BANDARA UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI]

Kalau di hari pertama kita cuma sekedar talkshow bersama bapak Rohandi yang membahas tentang kesiapan pihak bandara dalam menyambut IMF – WBG 2018, kali ini kita di kasih kesempatan untuk berkunjung ke area proyek yang sedang dibangun dalam upaya kesiapan menampung tamu dari berbagai negara dalam momen yang bersamaan, maka pihak bandara berencana untuk melakukan banyak perubahan, apa aja sih yang dilakukan pihak bandara terutama untuk menyambut para tamu VVIP nanti?

  • mulai dari dilakukannya reklamasi yang nantinya akan menjadi tempat parkir pesawat kenegaraan para petinggi negara. Bisa di bayangin dong dari total 189 negara pastinya yang dateng kesini bakal membawa rombongannya masing-masing. Dan juga kalau kalian mendengar kata ‘reklamasi’ pasti ada nuansa negatif disitu? Sebenarnya penerapan reklamasi disini sudah direncanakan dengan sangat matang! Mulai dari pengecekan terumbu karang yang sudah dibawah 10%, dan pastinya izin ke beberapa desa adat apakah reklamasi ini akan mengganggu pekerjaan mereka sebagai nelayan atau tidak. Tapi sangkin banyaknya tamu yang akan berkunjung pada acara IMF nanti, akan ada beberapa pesawat yang menginap di pulau sekitar Bali seperti Labuan Bajo, Lombok, dll

DSCF5759

DSCF5761

DSCF5771

  • Setelah mengunjungi area proyek reklamasi, selanjutnya kita semua mengunjungi area VVIP yang lokasinya pindah supaya tidak mengganggu penumpang reguler jika ada penutupan jalan. Disini semua pekerja terus semangat membangun area VVIP yang nuansanya Bali banget! Dan kalian semua harus tau kalau bangunan ala ala Bali itu di ukir secara manual, ini dedikasi karya seni plus arsitektur yang keren banget parah!!!
  • Selanjutnya ada juga proyek penambahan area parkir mobil bertingkat
  • Dan terakhir ada penambahan counter check-in di terminal internasional

unnamed-1.jpg

Semua proses pembangunan ini sudah mencapai 90%-95% dan akan selesai pada pertengahan September. Pada akhirnya kita semua bakal bertanya-tanya gak sih, setelah acara IMF ini kira-kira area reklamasi tadi bakal di apain lagi? Apa cuma buat acara IMF doang? Jawabannya adalah dengan penambahan jumlah parkir pesawat di bandara ini, akan menjadi penambahan jumlah penerbangan juga di bandara ini, yang tadinya itu 20jt penumpang / tahun menjadi 25jt penumpang / tahun untuk keuntungan jangka panjangnya.


[AIRNAV – Operational Room]

Pasti pada bingung ya AirNav itu apa? Nah ini dia destinasi selanjutnya setelah dari proyek bandara kita semua berkesempatan juga buat mengunjungi salah satu ruangan yang penting banget dalam dunia penerbangan, yaitu Operational Room di AirNav dimana kita semua bisa ngeliat ‘para navigator pesawat’ bekerja.

084306220160705-142853780x390.jpg

Photo by google, karena aku tidak sempat foto-foto disini, tapi kurang lebih seperti inilah gambaran di ruang Operational Roomnya Airnav

Disini kita semua bener-bener dapet banyak informasi baru mengenai cara para navigator ini ngarahin jalur pesawat agar semua tetep berjalan lancar, pokoknya mulai dari detik pertama pesawat kita bergerak sampai berhenti semuanya harus melalui perintah dari Operational Room ini. Jadi setiap pilot itu gak boleh membuat keputusan sendiri tanpa adanya izin dari AirNav, agap aja cuaca sedang tidak mendukung yang akhirnya sang pilot meminta membelok beberapa derajat, pihak AirNav secara langsung memberikan respon apakah pesawat itu diizinkan membelok atau ngga. Intinya tugas navigator disini benar-benar harus tetap fokus dalam memberi arahan, bahkan mereka hanya boleh bekerja maksimal 2 jam aja lalu istirahat 1 jam dan selanjutnya kerja lagi 2 jam, begitu seterusnya


[AIRNAV – Menara Pantau]

Kalau tadi di Operational Room kita cuma bisa ngeliat navigasi pesawat di komputer aja, akhirnya kita menuju menara pantau dimana kita bisa ngeliat pengaturan laju pesawat secara live dari atas menara, pokoknya ini salah satu pengalaman tak terlupakan banget!!! Bisa ngeliat pesawat take-off dan landing secara live dari atas sini, dan pastinya foto-foto disini juga kece dong hahahahaha. Setela selesai akhirnya kita makan siang dan acara di tutup dengan happy ending

DSCF5794

DSCF5796

Pesawat sedang take off

DSCF5797

Parkiran pesawat jet

DSCF5815

DSCF5827

Menara Pantau


Pokoknya kesimpulan dari Influencer MeetUp Bali yang udah aku ikuti selama 2 hari kemarin bener-bener ngasih pengalaman yang gak mungkin aku bisa dapetin secara cuma-cuma. Pokoknya thank you banget buat panitia @djikp @kemenkominfo yang udah bikin acara ini supaya @am2018bali bisa sukses nantinya! Dan juga para influencer kece lainnya yaitu :

@medinapuspita@krisnabrataa @gravityaroundme @gustindra @foodinframebali @kartikaherdiani @liburanbali @Dyodoran @ijoeel @dianrockmad @ayutrisnaambari @dewanhara @Dekdeoka @intanjung @thebaliguideline @baligasm @yansugik @clarestatok @rusdiumbara @rorodinar @cece_chaann @ithajuwitha @exploreindonesia @komangayutriadnyani @windusaridevi @gunk_arii @arnoldrezon @arumnintyasp @diahestika @amranrezha @brigidalourdes @reski.azn @Eenno_

#IndonesiaBangga

#IndonesiaMendunia

#VoyagetoIndonesia

#AMIMFWBGMeetUpBali2

#airnavkerja

@djikp

@kemenkominfo

@bank_indonesia

@am2018bali

@airnavindonesia

@airnavdps

2 thoughts on “Influencer Meet Up Bali 2 #IndonesiaBangga

  1. Ah seru banget deh.
    Andai aja gue juga diundang yak, wkwkwk 😆
    Tapi serius suka banget sama acara kayak gini.
    Sambil dapet kenalan baru, sambil dapet ilmunjuga. Wuhuuu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s